Gurihnya Bisnis Cloud Kitchen di Indonesia yang Dibidik SoftBank

Katadata

SoftBank Ventures Asia Korea Selatan memimpin pendanaan seri B US$ 12 Juta atau sekitar Rp 175 miliar kepada startup penyedia solusi katering Yummy Corp akhir pekan lalu. Perusahaan rintisan ini menyediakan layanan restoran berbasis komputasi awan (cloud kitchen), yang juga dirambah oleh Gojek dan Grab.

Yummy Corp mengoperasikan 70 dapur yang disebut Yummykitchen, di Jakarta, Bandung dan Medan. Layanan ini dikembangkan sejak pertengahan tahun lalu.

Yummykitchen memposisikan diri sebagai operator penuh. Tidak hanya menyewakan dapur bersama, tetapi juga mengerjakan operasional dari berbagai pemegang merek (brand).

Ada lebih dari 50 merek kuliner yang bergabung dengan Yummykitchen. Beberapa di antaranya Ismaya Group, Sour Sally Group, Padang Merdeka, Hong Tang dan Dailybox.

Marketing Director Yummy Corp Raetedy Refanatha menjelaskan, layanan yang ditawarkan meliputi peralatan, karyawan hingga memproses pemesanan dan pengiriman makanan kepada pelanggan. Selain itu, perusahaan menyediakan analisis data.

Perusahaan menggandeng Gojek dan Grab untuk layanan pesan-antar makanan. “Maka mitra brand bisa berfokus pada strategi pengembangan bisnis mereka,” katanya kepada Katadata.co.id, Senin (28/9).

Yummy Corp memiliki empat layanan utama yakni manajemen fasilitas, gerai, paket acara, dan Yummy Box.

Perusahaan ini memperoleh pendanaan seri B pada pekan lalu. Selain SoftBank, Vectr Ventures Hongkong, Appworks Ventures Taiwan, Quest Ventures Singapura, Coca Cola Amatil X Australia, serta Palm Drive Capital Amerika Serikat (AS) berpartisipasi.

Intudo Ventures dan Sovereign’s Capital yang terlibat dalam pendanaan sebelumnya, juga ikut serta.

Yummy Corp juga memperoleh pendanaan seri A US$ 7,75 juta atau sekitar Rp 110 miliar pada Oktober tahun lalu. Investor yang terlibat yakni Sinarmas Digital Ventures (SMDV), East Ventures, Agaeti Ventures, Prasetia Dwidharma, dan Selera Kapital by Sour Sally Group.

More

Previous Press
Yummy Corp kantongi investasi Rp175 miliar
Next Press
Experts: Robust venture capital ecosystem can boost employment

More Press

Menu